Puasa tapi tidak melaksanakan shalat, sah kah?

Puasa adalah menahan diri dari makan maupun minum serta segala hal yang bisa membuat puasa tersebut batal, di mulai dari terbit fajar hingga terbenam matahari. Puasa di wajibkan pada bulan suci Ramadhan

namun bagaimana bagi mereka yang melaksanakan puasa tapi malah meninggalkan kewajiban shalatnya?.


Shalat merupakan kewajiban bagi setiap muslim, namun bagaimana bagi mereka yang melaksanakan puasa tapi malah meninggalkan kewajiban shalatnya?.

Tidak sedikit kita jumpai di antara kaum muslim, di saat ia melaksanakan puasa namun masih ada juga yang tidak melaksanakan kewajiban sholatnya. Mungkin mereka berfikir bahwa puasa dan shalat ibadah tersendiri. Jika tidak di laksanakan salah satunya maka tidak ada ngaruhnya ibadah yang satu lagi. Berikut penjelasannya tentang mereka yang melaksanakan puasa tapi tidak melaksanakan sholat.

Puasa yang di lakukan oleh orang yang tidak melaksanakan shalat tidaklah di terima sebab orang yang meninggalkan kewajibannya shalatnya adalah kafir dan murtad ( Syaikh Muhammad bin Sholiha Al’utsaimin –rahimahullah-)

Pendapat yang mengatakan bahwa tidak melaksanakan shalat merupakan suatu kekafiran adalah pendapat mayoritas dari sahabat nabi khalifah  bahkan bisa di katakan pendapat tersebut ijma (kesepakatan) para sahabat.

‘Abdullah bin Syaqiq-rahimahullah- (seorang tabi’in yang sudah tergolong mashur) berkata, “para sahabat Nabi shallallahu’alaihi wa sallam tidak pernah mengaggap bahwa  suatu amalan yang apabila seseorang meninggalkan akan menyebabkan dia kafir selain perkara shalat.”
[Perkataan ini di riwayatkan oleh At tirmidzi dari ‘Abdullahbin Syaqiq Al’Aqliy, seorang tabi’in. Hakim mengatakan bahwa hadits ini bersambung dengan menyebut Abu Hurairah di dalamnya. Dan sanad (periwayat) hadits ini merupakan shohih. Lihat Ats Tsamar Al Mustathob fi Fiqhis Sunnah wal Kitab, hal,52 –pen]

Maka dari itu, jika ada seseorang berpuasa namun dia tidak melaksanakan kewajiban shalatnya , maka puasa yang dilakukannya tidak sah. Sangatlah sia-sia bagi orang yang berpuasa tapi tidak melaksanakan shalatnya amalan puasa yang di dapat tidak lah bermanfaat di hari kiamat nanti.

Oleh sebab itu di katakan “shalatlah kemudian tunaikan puasa” adapun jika diantara kita puasa namun tidak melaksanakan shalat, maka amalan puasa yang di dapatnya di tolak sebab meninggalkan shalat. Tidak di terima ibadah lainnya.

Oleh karena itu mari kita saling mengingatkan saudara-saudara muslim kita sebelum terlambat.

7 Responses to "Puasa tapi tidak melaksanakan shalat, sah kah?"

  1. Bgs gan banyak yg menganggap ini hal yg biasa dan orang yg sering menggap itu biasa semoga setelah membaca artikel ini dia menyadarinya

    ReplyDelete
  2. Taraweh kemaren sesi ceramahnya bahas ini juga. Nice post mas

    ReplyDelete
  3. Pengen banget dibalas komen saya :(

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel