Keistimewaan shalat dhuha bagi umat muslim yang melaksanakannya

Shalat dhuha merupakan shalat sunnah hukumnya sunnah muakkad, yang memiliki arti sangat di anjurkan, karena sosok yang paling mulia saya Nabi Muhammad SAW juga sering melaksanakannya sewaktu-waktu.

Shalat sunnah dhuha terdiri dari dari 2 rakaat dan juga bisa di laksanakan 4 rakaat atau lebih, tata cara melaksanakan 4 rakaat sama seperti 2 rakaat, setelah melaksanakan 2 rakaat salam lalu lakukan lagi 2 rakaat, dan juga seterusnya. di anjurkan untuk berdoa selesai shalat.

Melaksanakan shalat dhuha memiliki banyak keistimewaan tersendiri bagi umat islam yang mengerjakannya, berikut diantaranya:


Waktu pelaksanaan shalat dhuha pada saat matahari mulai terbit dan sudah agak tinggi, sudah mulai terasa panasnya matahari perkiraan jam 8/9 nan. Waktu akhir dari shalat dhuha sebelum waktu tengah hari kisaran pukul 11.00 WIB, namun namanya ibadah tentu lebih baik ketika waktu telah tiba.

Melaksanakan shalat dhuha memiliki banyak keistimewaan tersendiri bagi umat islam yang mengerjakannya, berikut diantaranya:

Akan di cukupkan segala kebutuhannya

Shalat dhuha di laksanakan pada saat mengawali hari beraktifitas di saat itulah berdoa agar kebutuhannya tercukupi hingga di akhir hari, Dalam hadis qudsi Allah SWT akan mencukupi bagi hambanya yang sering melaksanakan shalat dhuha.


Berpahala seperti orang yang sedang malaksanakan Haji dan Umroh

Salah satu keutamaan shalat dhuha pahalanya sama seperti melaksanakan Haji dan Umroh, di riwayatkan Anas bin Malik ra, Rasulullah SAW bersabda:

Barang siapa yang melaksanakan shalat subuh berjama’ah kemudian dia duduk sambil berdzikir kepada Allah SWT hingga terbit matahari, lalu ia melaksanakan shalat sunnah dhuha maka ia memperoleh pahala sama seperti sedang menjalankan haji dan umroh.


Dibangun sebuah rumah di surga 

Bagi umat muslim yang rutin mengerjakan shalat dhuha maka akan di bangun sebuah rumah yang sangat indah kelak di surga, hal ini berdasarkan perkataan sahabat pernah mendengar berkata nabi Muhammad SAW:

Siapa saja yang shalat dhuha 12 rakaat, Allah akan membangun rumah megah untuknya di surga yang terbuat dari emas-emas (HR. Ibnu Majah)

Itu dia diatas beberapa keistimewaan bagi orang yang sering melaksanakan shalat sunnah dhuha. Yuk mulai dari sekarang rutin untuk melaksanakannya.

1 Response to "Keistimewaan shalat dhuha bagi umat muslim yang melaksanakannya "

  1. semoga setelah liat artikel ini, saya bisa rajin untuk ibadah sholat dhuha

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel